ICDP (Informatics Community Development Project)

ICDP Informatics Community Project adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika atau yang biasa disebut HMTC ITS. ICDP sudah ada sejak tahun 2010.

Image

Di tahun 2010 Mahasiswa angkatan 2009 teknik Informatika selama 1 bulan memberikan pembelajaran IT kepada adek-adek di pondok pesantren Al Fillah keputih Surabaya. Mulai dari Ms.Word, Ms. Power Point, dan tak jarang diselingi games-games dan motivasi. Adek-adek tersebut juga pernah diajak untuk berkunjung ke gedung teknik informatika.

Image

Pada tahun 2011 Mahasiswa angkatan 2010 teknik Informatika ITS melakukan pengabdian masyarakat di desa pungging kabupaten Pasuruan. Pengmas yang dilakukan disana seperti memberikan pembelajaran dan pengenalan IT kepada siswa-siswi SD agar mengenal IT sejak dini.

Image

Tak lupa juga pemberian games-games dan motivasi bahwa anak-anak di sana sudah seharusnya untuk mempunyai mimpi yang tinggi dan menjadi orang-orang sukses kedepannya.

Image

“Jika HMTC menjadi” itulah konsep yang diusung. Mahasiswa juga di ajak untuk mengikuti dan membantu kegiatan sehari-hari penduduk di desa Pungging, harapannya mahasiswa lebih peka terhadap kondisi sekitar.

Image

Di tahun 2012 ICDP kembali diadakan, kali ini giliran mahasiswa angkatan 2011 Teknik Informatika ITS memberikan pembelajaran IT untuk siswa siswi SD SMP di kabupaten Nganjuk. Selain itu kami juga bekerja sama dengan para dosen untuk memberikan pembelajaran IT kepada guru-guru disana.

 

Coming Soon….

 

Selain kegiatan yang setiap tahun rutin diadakan, kami juga sedang mengonsep sebuah sustainable development pembangunan yang berkelanjutan, bukan hanya pengmas yang dilakukan satu atau dua hari. Perhatian kami tetap di bidang pendidikan, tahun ini kami bekerja sama dengan salah satu KLK (Kelas Layanan Khusus) di Surabaya dengan tujuan besar mulia untuk mengentaskan anak-anak jalanan di Surabaya. KLK adalah sebuah pendidikan perantara sebelum anak-anak tersebut disekolahkan di sekolah formal. dimulai dari pencarian anak jalanan yang mau untuk melanjutkan sekolah, pemberian pembelajaran formal maupun motivasional di KLK hingga anak tersebut dianggap siap untuk melanjutkan pendidikan di sekolah formal. Sedikit yang bisa kami lakukan untuk mewujudkan peran dan fungsi kami sebagai mahasiswa yakni social control, namun besar harapan kami untuk kejayaan masa depan bangsa Indonesia. HIDUP MAHASISWA! HIDUP RAKYAT INDONESIA!

About Informatics Community Development Project- ITS 2011

Kami ada untuk bangsa Indonesia
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment